Kios Dibongkar Pedagang Kehilangan Penghasilan

0
215
Foto Redaksi Beberapa Satpol PP Sibuk Membongkar Kios

KeprilineNews, Batam– Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama dengan tim terpadu Polri dan TNI melakukan penertiban kios liar tepatnya di simpang Dapur 12 hingga sepanjang jalan menuju lokasi depan ruko Mandalay Batuaji, Kamis (25/7) sekitar pukul 08.20 WIB. Penggusuran puluhan kios-kos liar yang berdiri disepanjang jalan tersebut memang sudah direncanakan jauh hari.

Penertiban yang dilakukan bersama-sama tim terpadu tersebut sebagai bentuk program pemerintah untuk penataan kembali infrastruktur jalan. Camat Sagulung Reza Khadafi, saat dikonfirmasi mengatakan penertiban tersebut sudah memenuhi prosedur, mulai dari SP 1 sampai SP 3 sudah dilayangkan terlebih dahulu kepada penghuni kios yang berdagang disepanjang jalan menuju mandalay.

Foto Redaksi

Sementara saat dikonfirmasi Redaksi Keprilinenews melalui telepon kepada Kabid Satpol Pamong Praja Imam Tohari, beliau tidak mengangkat HPnya.

Dari pantauan wartawan Keprilinenews dilapangan,tampak alat berat beko menghancurkan bangunan kios disepanjang jalan tersebut.Sementara terlihat kesibukan Satpol PP bergerak cepat ke kios satu hingga ke kios lainnya berusaha membongkar bangunan-bangunan kios ada beberapa bangunan yang sudah dibangun permanen.

Laia (42), pedagang dilokasi kios menuturkan sedih dengan adanya penggusuran dilokasi tempat usahanya. Pasalnya setelah penggusuran terjadi dia tidak memiliki penghasilan lagi. Bahkan dia harus mencari tempat untuk berjualan kembali.

”Ya harus terima semua ini bang, karena kami juga sudah dikasih surat peringatan pertama sampai ketiga, dan aku juga sudah tahu kalau kios-kios ini semuanya liar sewaktu-waktu pastinya digusur” kata pria brkulit putih itu.

Sementara ditempat lain Azizh (38) pedagang yang bukan penghuni kios menuturkan kalau penggusuran bukan hanya kios-kios yang ada disepanjang jalan Mandalay. Tapi penggusuran dilakukan juga kepada pedagang yang membuka usaha dari Mandalay sampai ke jalan ke simpang Nato Dapur 12. Pedagang sudah diperingatkan untuk tidak berjualan dipinggir jalan.

”Kami juga sudah dapat peringatan dari pak Satpol PP, sebelum digusur baiknya diangkat barang- barang jualan, karena kalau Satpol PP datang nanti dibongkar paksa dan diangkut ke lori” kata wanita itu bercerita.

Editor: Parlin L